KATA PENGANTAR

Assalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Syukur Alhamdulillah senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas berkat, Rahmat dan HidayahNYa sehingga kesempatan untuk menyusun proposal program pengembangan PKBM tematik di PKBM Mutiara Bangsa Sangatta Utara Kutai timur Kalimantan timur yang merupakan program pendidikan luar sekolah.
Dalam menyusun proposal ini, masih jauh dari kesempurnaan, oleh karena itu dengan rendah hati tak henti-hentinya meminta bimbingan, jika terdapat kekurangan di dalamnya. Namun suatu hal yang perlu diketahui bahwa, kami mengharapkan mampu berperan untuk mendorong tumbuhnya masyarakat belajar sepanjang hayat melalui program pendidikan keaksaraan, pendidikan kecakapan hidup dan kewirausahaan, peningkatan budaya baca masyarakat, dan penataan pendidikan nonformal, serta program penuntasan warga belajar putus sekolah.
Akhirnya kepada rekan yang senantiasa membuat dan menyusun proposal program pengembangan PKBM tematik di PKBM Mutiara Bangsa ini, kami ucapkan banyak terima kasih. Semoga Allah SWT memberkati jerih payah kita.
Demikian proposal usulan baru kami buat dengan sebenar-benarnya dan dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.
Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Sangatta, 23 April 2012

Ketua Penyelenggara PKBM
Mutiara Bangsa

Ismail, M.Pd.

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan sangatlah penting bagi manusia, dengan adanya pendidikan bagi manusia sebagai pendukung terhadap upaya peningkatan derajat manusia. Dalam upaya peningkatan derajat manusia khususnya masyarakat yang ada di Kutai Timur yakni salah satunya adalah melalui pendidikan. Dengan merujuk pada falsafah seorang filosof bahwa pendidikan bertujuan untuk memanusiakan manusia dan dengan pendidikan jugalah menjadi tolok ukur maju dan berkembangnya masyarakat pada suatu Negara.
Dengan adanya PKBM Mutiara Bangsa sebagai wadah kami untuk ikut andil dalam mencerdaskah kehidupan bangsa baik melalui program pendidikan nonformal yakni paket A, paket B dan paket C serta kursus dan keterampilan mengemudi.
Kutai timur adalah daerah yang notabenenya sebagai daerah Kabupaten yang baru berkembang dan merupakan daerh hasil dari pemekaran Kutai Kartanegara (Tenggarong) yang pemerintahannya baru berjalan sekitar kurang lebih 10 tahunan lamanya dengan jumlah 18 kecamatan. Kutai timur mempunyai masyarakat yang majemuk dan terdiri dari beberapa masyarakat/suku asli seperti Kutai, Dayak dan Banjar juga masyarakat/suku pendatang dari beberapa penjuru daerah di Indonesia seperti dari pulau Jawa, Sulawesi, Sumatera dan sebagainya.
Dalam bidang pendidikan baik nonformal lebih khususnya di Kutai Timur, masih banyak masyarakat asli maupun pendatang yang putus sekolah, bahkan belum mengenyam pendidikan formal sama sekali dan hal ini telah dibenarkan oleh beberapa penelitian bahwa penduduk buta aksara usia 15 – 59 tahun, tahun 2011 berjumlah 7.546.344 orang di Indonesia. Dari jumlah tersebut sebagian besar tinggal di daerah perdesaan seperti: petani kecil, buruh, nelayan, dan kelompok masyarakat miskin perkotaan yaitu buruh berpenghasilan rendah atau penganggur.
Dengan fenomena masyarakat di atas, seiring perkembangan zaman yang ditunjang dengan perkembangan informasi dan komunikasi akan pendidikan yang dicanangkan pemerintah dalam peningkatan Sumber Daya Manusia masyarakat bisa lebih merata secara sadar, masyarakat dengan sendirinya sadar betul akan pentingnya pendidikan disertai dengan reaksi positif masyarakat dengan animo untuk mengenyam pendidikan melalui paket A paket B dan paket C yang wadahi dan difasilitasi oleh salah satu Lembaga PKBM Mutiara Bangsa Sangatta Kutai Timur.
Kutai Timur adalah daerah yang masyarakatnya sangat banyak. Sementara pemerintah sangat mengharapkan peningkatan Sumber Daya Manusia masyarakat bisa lebih merata, tapi karena kondisi ekonomi mereka sangat tidak memungkinkan.sehingga mau tidak harus putus sekolah. Masyarakat demikian menjadi rentang terjadinya konflik – konflik sosial, sehingga kebutuhan akan pendidikan dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi riak – riak sosial dan ketertinggalan penduduk untuk mendapatkan kesempatan belajar dan bekerja..

Oleh karena itu, untuk menyikapi kenyataan tersebut untuk tersebut, sebagai penyelenggara pendidikan Non Formal, PKBM Mutiara Bangsa mengambil peran sebagai suatu langkah dalam mengantisipasi pelaksanaan pendidikan tersebut. Itulah sebabnya PKBM sebagai suatu institusi pemerhati masalah pendidikan, ialah menyelenggarakan dan memberikan dukungan melalui “ Program Paket A, B, C dan Keterampilan Komputer dan Mengemudi” akan berharap agar mempunyai bekal dan pendidikan dan pengembangan potensi kreatif.

Akhirnya melalui kesempatan ini kepada pengambil kebijakan akan memperhatikan kenyataan kebutuhan akan pendidikan melalui PLS.

B. Dasar
1. Undang-undang No.20 tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2. Peraturan Pemerintah No.19 tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan.
3. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 36 Tahun 2010 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Pendidikan Nasional.
4. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor: 44 Tahun 2006 tentang bantuan untuk lembaga pendidikan yang diselenggarakan masyarakat oleh masyarakat dan lembaga kemasyarakatan.
5. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2007 tentang Alokasi, Klasifikasi, Mekanisme Belanja, dan Pertanggungjawaban Anggaran Belanja.

C. Tujuan dan Hasil Yang Ingin Dicapai.
1. Kegiatan Bantuan Pengembangan PKBM Tematik bertujuan memberikan dana bantuan dalam rangka penyelenggaraan pembelajaran tematik melalui program berbasis potensi lokal
2. Meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan setiap warga belajar
3. Mengaktualisasikan potensi Masyarakat sehingga dapat digunakan untuk memecahkan problema hidupnya
4. Meningkatkan eksistensi dan peran Program Pendidikan Luar Sekolah pada umumnya dan Program Wajib Belajar 9 Tahun serta penuntasan Warga Belajar Putus Sekolah
5. Memberikan pelayanan pendidikan dasar setara SMP pada siswa putus sekolah
6. Mendukung program pemerintah dalam mempercepat pemberantas wajib belajar Diknas 9 tahun.
7. Meningkatkan kwalitas masyarakat melalui jalur Pendidikan Luar Sekolah.
8. Meningkatkan Life skill warga belajar agar mampu bersaing didalam mendapatkan pekerjaan yang layak.

BAB II
PROGRAM KEGIATAN
A. Pelaksana Program
1. Penyelenggara
Dalam penyelenggaraan program paket A, B dan C serta keterampilan dan kursus, semua unsur yakni warga belajar, tutor, pengelola dan pembina bekerja sama sesuai fungsi masing-masing.

a. Warga Belajar
Warga belajar yang direkrut sebanyak
1) Paket A : 18 (delapan belas) orang.
2) Paket B : 55 (lima puluh lima) orang.
3) Paket C : 166 (seratus enam puluh enam) orang.
4) Kursus Komputer : 20 orang
5) Kursus mengemudi mobil roda empat : 40 orang
b. Tutor
Tutor adalah tenaga pengajar yang terjun langsung memberikan materi pengajaran kepada warga belajar, dan akan bertanggungjawab tentang perkembangan setiap warga belajar yang dibimbing.
c. Pengelola
Pengelola adalah mereka yang bertanggungjawab tentang seluruh unsur yang terkait untuk kemajuan program baik intern maupun ektern, terutama sebagai fasilitator antara lembaga dengan instansi terkait.
2. Program Belajar
a. Mata pelajaran yang akan diajarkan pada kelompok belajar ini adalah :
1) Untuk paket A:
a) Agama
b) PKN
c) IPS
d) IPA
e) Matematika
f) Bahasa Indonesia
g) PENJASKES
2) Untuk paket B:
a) Agama
b) PKN
c) IPS
d) IPA
e) Matematika
f) Bahasa Indonesia
g) Bahasa Inggris
h) PENJASKES
3) Untuk paket C:
a) Agama
b) PKN
c) IPS
d) Ekonomi/Akuntansi
e) Geografi
f) Sosiologi
g) Matematika
h) Bahasa Indonesia
i) Bahasa Inggris
j) PENJASKES
4) Keterampilan/Kursus
a) Mengemudi Mobil (roda empat)
b) Komputer (Windows 7 dan Office 2010)
b. Bahan Belajar
Bahan belajar yang digunakan pada:
1) Paket A : modul yang setara SD/MIS kelas IV, V dan VI dari Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah dengan alat peraga yang disiapkan oleh tutor bidang study.
2) Paket B : modul yang setara SMP/MTs kelas VII, VIII dan IX dari Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah dengan alat peraga yang disiapkan oleh tutor bidang study.
3) Paket C : modul yang setara SMA kelas X, XI dan XII dari Sub Dinas Pendidikan Luar Sekolah dengan alat peraga yang disiapkan oleh tutor bidang study.
4) Keterampilan Mengemudi Mobil : (roda empat) 1 unit Mobil
5) Kursus Komputer: Modul + 5 Unit Komputer
c. Proses Belajar
Proses belajar berlangsung empat kali dalam seminggu, dimana jadwal belajarnya ditentukan sesuai hasil kesepakatan antara tutor, penyelenggara dan Warga Belajar. Tutor membantu warga belajar sesuai dengan mata pelajaran yang akan diajarkan; menyusun satuan pelajaran setiap akan mengadakan kegiatan belajar mengajar. Pembelajaran diawali dengan mengabsen warga belajar sambil memberi nasehat betapa pentingnya pendidikan dalam pemberdayaan manusia. Proses belajar mengajar dibagi atas beberapa bagian: pemberian materi dengan ceramah, diskusi, evaluasi dan umpan balik terhadap hasil pembelajaran. Akhir dari pembelajaran atau topik bahasan diadakan evaluasi dan pemberian tugas mandiri atau kelompok. Proses belajar mengajar sebaiknya digunakan metode yang variatif. Memotivasi warga belajar dilakukan dengan mengadakan rekreasi pendidikan, cerdas cermat, perlombaan, dan pemberian hadiah bagi yang berprestasi. Kursus Komputer dimulai dengan pengenalan perangkat hingga bisa mengoperasikan Komputer itu sendiri. Adapun Keterampilan mengemudi juga dimulai dari pengenalan dasar sampai pelajaran mengemudikan mobil hingga mahir.

Kelompok belajar melibatkan masing-masing satu orang tutor yang melaksnakan kegiatan pembelajaran perbidang studi, seperti guru bidang studi yang ada di SD/MIS, SMP dan SMA dengan memperhatikan pengalaman dan latar belakan pendidikan serta keinginan tutor untuk membantu program ini.

Jadwal belajar ditetapkan setelah ada kesepakan antara tutor dengan warga belajar, sementara di PKBM Mutiara Bangsa jadwal belajarnya empat hari dan dilaksanakan pada sore hari mengingat warga belajarnya mayoritas karyawan swasta, pegawai instansi, masyarakat umum dan industri atau dari masyarakat ekonomi yang lemah. Sementara hasil yang ingin dicapai dengan program pembelajaran paket A, B dan C ialah diharapkan akan mengurangi jumlah anak atau warga belajhar yang putus sekolah dan menghasilkan anak atau warga belajar yang berkualitas serta mampu meningkatkan keterampilan yang dimiliki, yang pada akhirnya akan menjawab tantangan dunia kerja sekaligus menyukseskan pendidikan wajib belajar yang dicanangkan pemerintah.
B. Lokasi Belajar
Karna masih terbatasnya pendanaan yang kami miliki, maka proses pelaksanaan Program Paket A, B dan C serta kursus dan keterampilan yang kami kelola, lokasi pelaksanaan proses belajar mengajar masih memakai gedung pinjaman.
C. Jadwal Belajar
Sebelum pelaksanaan Tahun Ajaran Baru atau proses belajar mengajar dimulai, perlu ditetapkan jadwal belajar yang menjadi pedoman tutor dan warga belajar dalam melaksanakan tugas masing-masing. Adapun jadwal belajar yang akan diberlakukan yaitu:
1. Dalam setiap minggu akan diadakan proses belajar mengajar sebanyak 4 kali;
2. Setiap mata pelajaran akan berlangsung proses belajar mengajar selama 2 jam
3. Jadwal belajar yang akan diberlakukan (terlampir).
D. Pengajar/Tutor
Tugas dari setiap tutor adalah:
1. Mengajar, membimbing dan melatih Warga Belajar dengan Bidang Studi yang diajarkan
2. Menyusun program belajar yang akan diajarkan
3. Menilai kemapuan warga belajar.
Adapun pengajar yang kami akan libatkan dalam program ini adalah tenaga-tenaga professional di bidangnya, dengan tingkat pendidikan yang memadai, mulai dari S2 dan S1 dengan nama-nama sebagai berikut:

Tutor Paket A : – Hj. Andi Nuraida, SE
– Zakaria, S.Ag
Tutor Paket B : – Yanthi Widyastoeti, M.Pd
– Sucik Mariatin, S.Pd
– Marta, S.Pd
– Diana Romadhine, S.Pd
– Rika, S.Pd
– La Nahara, S.Pd
– Tarmijiansyah, S.P
Tutor Paket C : – Ismail, M.Pd
– Anwar Arifin, S.Pd.I., M.Pd
– Yolan Fitri Ariyani, S.S
– Masri Winoto, S.Pd.I
– Sumarsih, S.Pd
– Siti Rahmah, S.Pd
Tutor Kursus/Keterampilan.
: – Zulkifli Siregar ST
– Helmi, S.Kom
E. Sumber Dana
Sumber-sumber dana yang diharapkan mendukung penyelenggaraan program-program pembelajaran /pelatihan PKBM ini antara lain :
1. Swadaya
2. Pemerintah Daerah dan Pusat
3. Lembaga Instansi terkait
4. Perusahaan / Industri
5. Lembaga-lembaga keuangan dan perbankan
6. Sumber lain yang sah dan tidak mengikat

BAB III
PENUTUP

Demikian proposal paket A, B dan C serta Keterampilan mengemudi dan kursus komputer, selaku penunjang kegiatan program yang ada di PKBM Mutiara bangsa Sangatta, Kutai Timur, Kalimantan Timur, agar lebih mampu melayani kebutuhan masyarakat yang demikain kompleks. Untuk itu, dengan terselenggaranya program ini diharapkan akan mampu mengantisipasi kebutuhan akan pendidikan dan dapat mengembangkan keterampilan yang telah diberikan.
Demikian program PLS ini agar semakin meningkat, sehingga akan memiliki kemampuan kerja secara profesional, untuk mewujudkan impian masyarakat yang mandiri, kreatif, sehingga akan menuju hidup sejahtera. Amin

Sangatta, 23 April 2012

ALOKASI DAN RINCIAN PENGGUNAAN DANA KURSUS/KETERAMPILAN

A. KESEKRETARIATAN, PUBLIKASI DAN LAYANAN INFOMASI:
1) ATK
– Kertas 5 Rim @ Rp.60.000 Rp. 300.000
– Tinta Printer 10 botol @ Rp.50.000 Rp. 500.000
– Board Marker 10 kotak @ Rp.150.000 Rp. 1.500.000
– Amplop 12 Pak @ Rp. 30.000 Rp. 360.000
– Buku Besar 10 buah @ Rp. 12.000 Rp. 120.000
– Ballpoint 5 kotak @ Rp. 70.000 Rp. 350.000
– Mistar 1 kotak @ Rp. 80.000 Rp. 80.000
– Pensil 2B 3 batang Rp. 15.000
– Staples 5 Buah @ Rp. 15.000 Rp. 75.000
2) Konsultasi dan Pertemuan Rp. 700.000
3) Brosur/Katalog Produk dan jasa Rp. 6.000.000
TOTAL Rp.10.000.000

B. PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT:
1) Keterampilan Komputer
– Honor Tutor 2 Orang x Rp. 500.000 @ 12 bulan Rp. 12.000.000
2) Keterampilan Mengemudi
– Sewa Mobil Rp. 6.000.000
– Honor Tutor 2 Orang x Rp. 500.000 @ 12 bulan Rp. 12.000.000
TOTAL Rp. 30.000.000

C. PENYEDIAAN MATERIAL HABIS PAKAI DAN SARANA PENDUKUNG KEGIATAN :
1) Keterampilan Komputer
– Personal Komputer 2 Set @ Rp.7.500.00 Rp. 15.000.000
– Kertas 5 Rim @ Rp 60.000 Rp. 300.000
– Tinta printer 10 botol 200 ml @ 50.000 Rp. 500.000
– Biaya Perawatan Komputer Rp 3.200.000
2) Keterampilan Mengemudi
– Bensin 150 liter/bulan
Rp. 7.500.000 @ 12 bulan Rp. 9.000.000
– Biaya perawatan @ 1.000.000 @ 12 bulan Rp. 12.000.000
TOTAL Rp. 40.000.000
D. PENYEDIAAN JASA PROFESI DAN TRANSPORT PENYELENGGARAAN KEGIATAN.
1) Honor Pengelola Rp. 300.000 X 4 Orang
@ 12 Bulan Rp. 14.400.000
2) Komunikasi Pengelola Rp. 600.000
TOTAL Rp. 15.000.000
E. ADMINISTRASI DAN PELAPORAN
TOTAL Rp. 5.000.000 ——————–
Jumlah Total ……………………………….. Rp.100.000.000,-
———————
( Seratus Juta Rupiah)

Sangatta, 23 April 2012
Ketua Pengelola

Ismail, M.Pd

 

About these ads